Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dikembangkan berdasarkan pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan pernyusunan kurikulum yang disusun oleh BSNP, juga memperhatikan pertimbangan Komite Sekolah dengan porinsip- prinsip sbb. :
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
2. Beragam, artinya KTSP sdisusn sesuai dengan karakteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang dan jenis pendidikan, serta menghargi dan tidak diskriminatif terhadp perbedaan agama, suku, budaya, adat istiadat, status sosial ekonomi dan jender.
Terpadu artinyada keterkaitan antara muatan wajib, muatan lokal dan pengembangan diri dalam KTSP
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan masa kini dan masa datang
5. Menyeluruh dan berkesinambungan
6. Belajar sepanjang hayat
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan daerah
Komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) terdiri dari :
1. Tujuan Pendidikan
2. Struktur dan Muatan Kurikulum
3. Kalender Pendidikn
4. Administrasi kegiatan pembelajaran sebagai lampiran