Home » » REPLIKASI TOOLKIT : STUDENTS GOVERNANCE DBE 3

REPLIKASI TOOLKIT : STUDENTS GOVERNANCE DBE 3


Sebagai salah satu komponen untuk meningkatkan mutu dan prestasi sekolah serta membekali siswa dengan kecakapan hidup, pengurus OSIS  perlu meningkatkan ketrampilan dalam berorganisasi dan bersosialisasi dengan seluruh warga sekolah. Perancanaan yang baik akan memudahkan pengurus menerapkan program dalam kegiatan sehari hari di sekolah. Kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik apabila pengurus memiliki pengetahuan, pengalaman dan kompetensi yang memadai, yang dapat diperoleh melalui  proses belajar di kelas maupun melalui berbagai pengalaman hidup serta pelatihan-pelatihan.

Pendidikan dan pelatihan (diklat) merupakan salah satu kegiatan  yang sangat penting bagi pengurus karena  melalui pendidikan dan pelatihan (diklat) pengurus dapat meningkatkan kemampunan, pengetahuan dan pengalamann sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa dan efektivitas kegiatan. Mengingat pentingnya pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi pengurus OSIS berkaitan dengan program-program OSIS,  maka SMP N 1 Karangtengah Kabupaten Demak bekerja sama dengan Decentralized Basic Education (DBE) United States Agency for International Development (USAID) menyelenggarakan pelatihan yang akan diikuti oleh pegurus dan pembina OSIS SMP Negeri 1 Karangtengah kabupaten Demak.
Kegiatan ini bertujuan:
a.       Memberi bekal dan pemahaman kepada pengurus dan pembina OSIS  untuk meningkatkan mutu dan prestasi sekolah serta membekali siswa dengan kompetensi kecakapan hidup melalui program Kesiswaan yang bermanfaat sesuai dengan perkembangan jaman.
b.      Memberikan pengalaman dan kesempatan kepada pengurus dan pembina untuk bertemu, mengemukakan pendapat, dan bertukar pikiran mengenai keberhasilan dan kendala yang dihadapi dalam program-program OSIS di sekolah.
c.       Mengembangkan potensi siswa secara optimal dan terpadu yang meliputi bakat, minat dan kreativitas
d.      Mengaktualisasikan potensi siwa dlam pencapaian prestasi unggulan sesuai bakat dan minat
e.       Menyiapkan siswa agar menjadi warga masyarakat yang berakhlak mulia, menghormati hak-hak asasi manusia dalam rangka mewujudkan masyarakat madani
f.        Memantapkan kepribadian siswa untuk mewujudkan ketahanan sekolah sebagai lingkungan pendidikan sehingga terhindar dari usaha dan pengaruh negatif dan bertentangan dengan tujuan pendidikan
Kegiatan pelatihan dilaksanakan dua kali pertemuan selama dua hari yaitu 13-14 Pebruari 2010 bertempat di di SMP Negeri 1 Karangtengah, Jalan Sultan Patah Buyaran Demak.
Sasaran kegiatan REPLIKASI TOOLKIT : STUDENTS GOVERNANCE DBE 3 adalah Pengurus dan Pembina OSIS SMP Negeri 1 Karangtengah Demak.
Komentar
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan pesan dengan santun, Terma Kasih!

Story Telling

Bayu Bagas, peraih juara 3 Lomba Story Telling Tingkat Kabupaten dan melaju ke tingkat propinsi

Random Post

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SMP N 1 Karangtengah - All Rights Reserved
Template Created by M.Ng. Tri Mulyono Prasetyo, S.Pd.
Dipublikasikan oleh SMP Negeri 1 Karangtengah